about

Foreword by the Festival Director

Jakarta epicentrum sinema Indonesia, kota di mana industri film berpusat. Jakarta Film Week sebagai festival mempertemukan Jakarta dan Sinema, menjadi ruang jumpa sinema lokal dan internasional, bertukar pengetahuan, informasi dan yang utama ruang jumpa film dengan penontonnya.

Tahun ini Jakarta Film Week hadir dengan tema EVOLVE, kata yang merefleksikan sinema yang terus berkembang. Spirit EVOLVE juga terwujud melalui program-program untuk menumbuhkembangkan bakat-bakat baru perfilman, antara lain Jakarta Film Fund, Producers Lab dan penyelenggaraan Masterclass Director bersama Takashi Shimizu dan Ouchi Yashusi sebagai wujud perhatian pada perkembangan genre film di Indonesia. Serta Masterclass Acting bersama Christine Hakim sebagai perayaan 5 dekade The Journey of Chistine Hakim.

Menandai keketuaan Indonesia di ASEAN 2023, Jakarta Film Week juga memberi perhatian pada sinema kawasan melalui program Celebration of ASEAN Sinema, dilanjut Festival Meeting yang mempertemukan penyelenggara International Film Festival di Asia Tenggara yang diharap dapat membuka peluang lebih besar bagi pertumbuhan industri perfilman.

Atas nama seluruh tim kami menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi DKI Jakarta atas dukungan penuh pada penyelenggaraan Jakarta Film Week. Dan kepada seluruh mitra yang berkolaborasi mendukung Jakarta Film Week tahun ini.

Mari merayakan capaian kreatifitas, ide-ide baru, dan mendengarkan keragaman melalui film-film yang kami hadirkan dan menjadi bagian dari kolaborasi, sinergi, dan semangat EVOLVE.

 

-Rina Damayanti-

Festival Director